Sunday 5 June 2011

Trima kasih Tuhan

Pertengahan tahun yang lalu merupakan tahun terburuk bagi aku & keluargaku. Bagaimana tidak, papa di diagnosa menderita kanker stadium lanjut. Rasa takut kehilangan pun kurasakan. Dokter tidak bisa menjamin kesembuhan walaupun cara satu2nya dengan operasi. Tidak ada pilihan lain, karena kondisi papa semakin memburuk. Setelah dirawat beberapa hari di Rumah sakit, akhirnya papa menjalani operasi. Sebelum operasi pun dokter sudah mengatakan kepada kami bahwa operasi yang dilakukan tidak menjamin 100% kanker itu tidak tumbuh lagi. Setidaknya bisa memperpanjang umur papa beberapa tahun. Karena tidak ada pilihan lain, kami sekeluarga memasrahkan semua padaNya. Selama 3 kali papa menjalani operasi. Operasi 1, 2 dan ke3. Rasa khawatir & takut menyelimutiku, karena saat operasi aku yang berada diluar menanti sampai selesai. Sebagai anak saya selalu mendoakan papa agar bisa sembuh & sehat kembali. Selalu memohon padaNya untuk memberikan kesembuhan pada papa. Yang kurasakan adalah mujizat dari yang atas. Sungguh luar biasa, papa bisa pulih kembali sehabis 3 kali operasi. Kata dokter papa sungguh beruntung, karena jarang ada pasien yang bisa bertahan dengan kondisi seperti ini. Berbulan-bulan papa dirawat dirumah sakit. Akhirnya sekarang papa sudah sehat & bisa beraktivitas lagi, hanya kadang merasa cepat capek. Selama hampir setahun kontrol ke dokter belum ditemukan sel2 kanker yang baru. Dengan kata lain papa dinyatakan sembuh. Sekarang beliau juga tidak minum obat2 kanker lagi. Hanya beberapa vitamin yang diberikan dokter & rutin untuk kontrol.

Begitu juga keadaan mama, penyakit gatal2 telah dideritanya bertahun-tahun. Berbagai cara pengobatan sampai dokter yang dibilang orang2 paling bagus telah kami coba. Tetapi tidak membuat kesembuhan pada mama. Sampai membawa mama berobat jauh2 ke luar negri tetap saja tidak ada perubahan. Memang kata dokter tidak ada penyakit serius yang menyebabkan gatal2 tersebut. Dokter hanya mengatakan mama terlalu banyak pikiran. Walaupun telah habis banyak uang aku hanya ingin mama sembuh. Sungguh sedih melihat diri mama dengan penyakit gatalnya. Makan sedikit & tidur pun sedikit. Aku selalu berdoa & memasrahkan semua yang kami hadapi padaNya. Karena ku tahu suatu saat Dia akan menjawab semua doaku. Akhirnya perubahan kurasakan karena campur tangan dari Tuhan. Kedua orang tuaku terpanggil untuk mengikutiNya. Kedua orang tuaku akhirnya dibaptis pada bulan Mei kemarin. Mama dengan kondisi penyakitnya masih gatal. Mama pun didoakan terus untuk kesembuhannya. Melewati salah satu keluarga kami, mama dibawa ke salah satu dokter umum. Sungguh tak disangka setelah berobat 2 kali disana, penyakit gatal2 mama sembuh. Mungkin orang lain bisa berpikir ini hanya kebetulan ketemu dokter yang cocok & bisa mengobati mama. Tapi tidak bagiku, yang mungkin dibilang sudah hampir menyerah membawa mama berobat kemana-mana. Semahal apa pun obat mama selalu kami tebus karena ingin kesembuhannya. Bagiku kesembuhan kedua orangtua ku karena campur tangan Tuhan. Sekarang mama sudah kembali hidup normal lagi. Tidak tergantung dengan obat2 gatalnya lagi. Yang membuat aku sangat bersyukur karena diberikan kesempatan bersama kedua orangtuaku.

Lepas dari semua itu aku merasa uang yang kita miliki sebanyak apa pun tidak bisa memberikan kita kehidupan kalau tanpa campur tangan Tuhan lewat dokter. Meski ada sebagian orang yang membanggakan diri karena punya uang yang banyak yang bagi mereka bisa membeli segala-galanya tetapi tidak hidup seseorang. Walaupun kita bisa membayar biaya operasi, membeli obat yang paling bagus kalau Tuhan sudah berkehendak kita tidak bisa menghindarinya. Tuhan yang memberikan kita hidup & Tuhan juga bisa mengambil kembali. Dalam hatiku selalu bersyukur atas semua yang kumiliki sekarang. Walaupun selama bertahun-tahun ku memohon & berdoa akhirnya semua terjawab sudah. Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita. Dia akan selalu ada pada waktu yang tepat. Maka jangan pernah mempertanyakan Tuhan kenapa doaku belum dikabulkan? Tuhan Maha Tahu, kapan Dia akan mengulurkan tanganNya untukmu. Setiap doa & permohonan mungkin saja tidak langsung dikabulkan, mungkin kita harus menunggu berhari-hari, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Tetapi semua penderitaan penyakit & masalah yang kita hadapi selalu dalam lindunganNya. Inilah yang memperkuat iman kepercayaan kita padaNya. Setiap jalan berduri Tuhan selalu menyertai kita bahkan dalam keadaan tersulit sekalipun, Dia tidak akan meninggalkan kita walaupun sering kali kita tidak menyadarinya. Jangan pernah berhenti berdoa & memohon padaNya walaupun apa yang kamu inginkan belum dikabulkan. Karena suatu saat nanti kamu akan melihat mujizat itu nyata. Serahkan semua masalah & pengharapan padaNya, dengan demikian semuanya akan baik2 saja. Percayalah....

indahnya berbagi

4 comments:

  1. Subhanallah...rezeki kurnianNya.

    ReplyDelete
  2. Ass
    Iya Kita semua percayakan hanya kepada Allah swt
    Posting an bagus

    ReplyDelete
  3. aku terharu bacanya mbak *sambil elap mata

    ReplyDelete
  4. Terkadang musibah yang menimpa kita selalu saj amembuat kita menjadi lemah dan akhirnya menyalahkan...meskipun sebenarnya itu tidak dibolehkan.
    Bordoa, iklas dan terus berusaha itulah yang harus kita lakukan sebenarnya...
    Aku pernah mengalaminya hingga beberapa tahun dan akhirnya Ayah dan Ibu pergi ...dan akupun iklas karna Tuhan sayang mereka.
    Tetap semangat dan teruslah berdoa..

    ReplyDelete