Monday 4 April 2011

Pengalaman dalam Seminar

Kiat membangun masa depan anak

Tanggal 26 Maret yang lalu saya ikut seminar tentang "Kiat membangun masa depan anak" bersama Dr. Subagyo anggota DPR RI Komisi Pendidikan dan Kesehatan di sekolah anakku. Memang pada hari itu di sekolah fanie diadakan pentas seni & tentunya seminar untuk orang tua. Gak ada rencana mau ikut seminar tersebut tetapi fanie terus-menerus memaksa, karena gak tega juga akhirnya saya pun ikut dalam seminar itu. Dalam pikiranku mungkin akan membosankan, ternyata jauh dari perkiraanku. Suasana seminar cukup menyenangkan & hangat. Apalagi dia awal seminar kami disuguhi oleh kebolehan salah satu siswi dalam olah vokal. Dengan membawakan lagu "Indonesia Jaya" anak itu mampu memukau orangtua murid yang ikut seminar. Baru kelas 4 SD tetapi suaranya begitu bagus. Ternyata anak2 sekarang talentanya luar biasa. Anak-anak masa depan harapan Indonesia.

salah satu aset masa depan anak Indonesia
Nara sumber Dr. Subagyo juga membawakan seminar dalam suasana yang cukup menyenangkan. Tidak ada rasa kaku, semua dibawa enjoy. Ternyata beliau adalah anak yatim-piatu dari keluarga sederhana yang berhasil sukses mencapai cita2nya sebagai seorang dokter. Keinginan dan tekad yang kuat membuat beliau bisa sampai meraih gelar dokter & sebagai anggota DPR. Sungguh luar biasa mendengarkan sekilas tetang profil pribadi beliau.

Karena waktunya hanya satu setengah jam maka tidak banyak yang kami bahas. Untuk membahas masa depan anak tidak cukup hanya satu setengah jam. Hanya secara garis besar saja, tetapi para orangtua murid nampaknya paham apa yang dibicarakan. Ternyata gizi/pemberian makanan anak juga sangat mempengaruhi masa depan anak2 kita. Menurut Dokter banyak dari masyarakat yang memberikan pola makan yang salah kepada anaknya. Anak sangat perlu nutrisi yang baik disaat 0-5 tahun. Maka diharapkan orangtua lebih memperhatikan nutrisi yang diberikan kepada anak-anaknya di umur tersebut. Protein sangat baik diberikan kepada anak diumur-umur tsb. Kadang orangtua terlalu memproteksi anaknya, sehingga banyak pantangan terhadap makanan yang dimakan. Ternyata semua itu salah, anak harus dibiasakan makan makanan bergizi apa saja seperti ikan, daging,sayuran, buah-buahan dll. Disarankan oleh dokter lebih banyak mengkonsumsi ikan karena baik untuk perkembangan sel otak anak. Anak yang pintar setidaknya memberikan peluang yang lebih baik untuk masa depannya. 

bersama Dr. Subagyo
Selain itu yang membuat saya tertarik ada lah pembicaraan tentang strategi mendidik anak. Ternyata sejak kecil kita harus menanamkan cita2 kepada anak itu sendiri. Walaupun di usia mereka yang masih belia, terkadang cita2 itu bisa berubah. Tetapi akan menjadikan mereka motivasi untuk belajar lebih baik lagi. Untuk mencapai sukses kita tentunya harus memiliki cita-cita & harapan. Dengan cita2 akan memotivasi kita untuk lebih berkembang dengan baik. Itu adalah salah satu jalan menuju sukses. Selain itu ternyata anak kalau sudah duduk di bangku kelas 2 SMP harus diarahkan apa yang menjadi cita2 itu. Sebagai tugas orang tua tentunya mengarahkan anak untuk mencapai cita2nya. Karena di umur tersebut anak sudah lebih stabil untuk mengambil keputusan jalan mana yang akan mereka pilih sesuai cita2 yang ingin dicapai. Orangtua diharapkan tidak memaksakan anaknya untuk menjadi sesuai pilihannya. Bukan sesuai pilihan orang tua, terkadang masih kita lihat orangtua selalu menginginkan anaknya jadi begini & begitu. Bukannya lebih baik membiarkan anak itu memilih sendiri sesuai potensi & kemampuannya karena mereka yang akan menjalani. Orangtua hanya mendampingi anak-anaknya agar tetap berada di jalur yang benar.

Ternyata tugas orangtua begitu berat. Keluarga lah yang mempunyai peranan penting dalam mendidik anak selain di sekolah dan masyarakat tentunya. Di dalam keluarga pendidikan memegang peranan penting menentukan masa depan anak. Yang paling penting untuk mencapai cita2 jangan memaksakan anak. Biarkanlah mereka menjadi  yang mereka mau tetapi tetap atas bimbingan orangtua. Orang tua berkewajiban memantau perkembangan anak-anaknya. Mengarahkan mana yang baik & benar. Selain semua itu yang juga berperan penting untuk masa depan anak adalah agama. Anak perlu dibekali pendidikan agama yang baik & benar, sehingga nantinya anak2 itu mempunyai pegangan dalam menjalani hidupnya. Dan ketika mereka dilepas ke masyarakat bisa menjaga diri. Karena kita tahu masyarakat sekarang dalam keadaan sakit. Banyak sekali penyalahgunaan obat-obat terlarang, tindakan kekerasan, kriminal dll. Kalau anak tidak mempunyai keyakinan maka mereka akan terombang-ambing & salah mengambil jalan. 

Masa depan anak adalah tugas kita sebagai orangtua. Anak-anak kita perlu bimbingan & arahan yang baik untuk mencapi semua cita-citanya. Seminar ini memberikan masukan yang sangat berarti bagi saya untuk membimbing anak menuju masa depan yang sukses. Harapan semua orangtua ingin melihat anaknya sukses.


indahnya berbagi

1 comment: