Thursday 11 August 2011

Sadar diri donk.....

Sedikit bercerita apa yang kulihat saat perjalanan pulang. Sebenarnya bukan masalah yang besar tetapi justru masalah ini sering & hampir setiap hari kita temukan. Waktu mobil yang kami bawa memasuki kompleks perumahan, malam itu memang tidak begitu ramai dengan kendaraan. Pas di depan mobil kami ada sebuah mobil  juga, nampaknya baru keluar dari salah satu tempat makan di area kompleks kami. Tiba2 mobil yang di depan itu membuka kaca jendelanya dan melempar sesuatu keluar. Ya... sebuah botol air mineral bekas dibuang ke jalan begitu saja. Sungguh disayangkan, kesadaran kebersihan masih kurang di masyarakat kita. Sepertinya membuang sampah di jalan suatu hal yang biasa. Jauh dari kesadaran diri akan manfaat kebersihan. Walaupun ada petugas kebersihan yang membersihkan jalan setiap subuh tetapi sebagai masyarakat harusnya kita ikut menjaga. Jika orang dewasa melakukan begitu bagaimana dengan anak kecil yang melihat? Suatu contoh yang kurang baik & mesti dihilangkan. Apa harus diberlakukan denda seperti negara lain? 

Mungkin beberapa tips bagi pengendara mobil :

  1. Pastikan di dalam mobil tersedia tempat sampah kecil / kantong plastik
  2. Untuk botol minuman bekas, tissue dll mungkin bisa dibuang ke kantong plastik terlebih dahulu, setelah sampai di tempat tujuan baru dikeluarkan & dibuang ketempatnya.
  3. Ajarilah anak untuk tidak membuang sampah keluar saat bepergian menggunakan mobil.
Kesadaran akan kebersihan harus dimulai dari diri kita sendiri, mari kita menjaga bersama-sama. 



12 comments:

  1. aku juga sering nemuin hal seperti itu, dan sempet bertanya juga, apa mereka nggak bisa nyimpen sampah itu dimobil dulu sampai nemuin tempat sampah baru dibuang ya? khan mobil lebih luas ya tempatnya daripada kalo pake motor, jd menurutku itu emang dah kepribadian org tersebut yg nggak baik :(

    ReplyDelete
  2. mungkin itu hal yang udah dianggap 'wajar' kali ya ama org2 sekarang.
    sebel banget kalo udah liat langsung hal itu.
    dasar sombong.
    mobil aja bagus2, tapi kepedulian lo sama sekali nggak bagus!!!!!!!
    *ngomongnya napsu*

    anyway salam kenal kak. visit my blog juga yaaa :D

    ReplyDelete
  3. aku juga sering banget liat orang buang sampah dari dalem mobil.. ckck.. :(

    ReplyDelete
  4. nah itu dia. membuat orang sadar diri itu yg sulit.

    ReplyDelete
  5. yah itulah. mungkin karena ngga mau mobilnya kotor jadi ngotorin jalan ~_~

    ReplyDelete
  6. ck ck ck koq ya masih ada orang kayak gtu
    klo gak ada tempat sampah kan bs disimpan dulu tunggu sampe ketemu tempat sampah baru dibuang
    semoga orangnya cpt sadar ya hehe :p

    ReplyDelete
  7. setuju bgt mbak, di jepang orang2nya sadar bgt tentang kebersihan buang abu rokok dr dlm mobil aja aku blm pernah liat.
    Yukkk mulai dari diri sendiri dan keluarga terdekat.

    ReplyDelete
  8. ya memang terkadang orang tua selalu mencontohkan yang gak bener tapi mereka-pun seolah tak menyadari bahwa itu adalah sebuah contoh untuk yang melihat sekaligus itu adalah sebuah kebodohan yang dibiasakan....

    oh iya!!Salam kenal ya...

    ReplyDelete
  9. kalo disuruh-suruh orang kita malah tambah menjadi-jadi, baiknya sediakan tempat sampah yang banyak di tempat2 umum agar orang gampang menemuinya. soalnya saya kalo jalan2 ke senayan yang setiap minggu ramai, nyari tempat sampah sulitnya bukan main. jadi rasanya wajar kalo ada kesan seluruh tempat di indonesia adalah tempat sampah.

    ReplyDelete
  10. klise sii.. tapi emang tepat guna.. semua di mulai dari kita pribadi.. Indonesia strong from home.. mulai dari kita sadar akan segala sesuatu.. tularkan pada anggota keluarga terdekat.. berangkat ke lingkungan dan seterusnya dst dsb dkk dll :(

    ReplyDelete
  11. Udah mendarah daging mbak di Indonesia, soal buang sampah sembarangan gitu >.<

    ReplyDelete
  12. selain ngajarin anak, ortu juga harus kasih contoh yg baik ya...jangan bilang ke anak, gak boleh buang sampah semabaranga, eh..ortunya malah buang sembarangan.

    ReplyDelete