Saturday 19 February 2011

Film asing akan stop tayang di bioskop kita

Pagi2 buka di movie.detikhot.com , membuat terkejut juga katanya film Hollywood tidak akan diputar lagi di bioskop indonesia. Tidak hanya film Eropa , film Bollywood dan Mandarin juga akan stop beredar di bioskop kita. Ini menurut wawancara detik dengan juru bicara 21 Cineplex jumat malam. Wah...berarti kita tidak bisa menikmati lagi film asing , sugguh menyedihkan. Ini di karenakan adanya beban pajak baru berupa bea masuk atas hak distribusi yang besarnya  23,75 % atas nilai barang. Selama pajak baru itu diberlakukan maka pihak asing tidak akan mengedarkan film mereka ke bioskop2 kita. Dan film yang sudah terlanjur diputar kemungkinan akan di tarik kembali.



Disayangkan banget ya , harusnya film lokal dan film asing bisa berjalan seimbang. Kita sebagai pecinta film juga bisa menentukan pilihan atas film2 yang akan kita tonton. Dampaknya lagi ratusan layar di bioskop pun akan menggangur dan bisa2 gulung tikar dan karyawan2 disana bakal kehilangan pekerjaan. Apakah film lokal bisa memenuhi layar bioskop2 tersebut??? Bagaimana pun film lokal tetap menjadi kebanggaan kita tetapi film asing setidaknya juga bisa lebih menambah wawasan dan inpirasi buat kemajuan perfilman kita. Seharusnya keduanya berjalan seimbang, apakah ini agar film lokal yang ditontan saja atau untuk pendapatan pajak ??? Kita tidak akan pernah tahu, berharap pemberlakuan pajak tsb dapat ditinjau lagi. 

Selengkapnya teman2 bisa baca di movie.detikhot.com


indahnya berbagi

4 comments:

  1. tidak bisa lagi nonton harry potter 7 part 2, bagian terakhir dari twilight, transformer 3, dan film box office lainnya. hal ini telah melanggar HAM orang untuk mendapatkan entertainment. bete. mending uang pajak yang sudah diterima bisa dimanfaatkan dengan baik, misalnya untuk mengembangkan sineas2 muda Indonesia, tp nyata nya tidak ada. payah.

    ReplyDelete
  2. wah2 gak enak juga klo gak bisa lihat film luar negeri...

    salam kenal..:D

    ReplyDelete
  3. sepertinya dvd bajakan bakal populer lagi...:)

    ReplyDelete
  4. kalau film asing di stop di indonesia yang ada cuma film2 horor indonesia dong.,
    mending kalau bagus tu produser film indonesia sebenernya mau bikin film porno tapi berkedok horor aj.,:-)

    ReplyDelete