Sunday 6 March 2011

Kamu bukan yang terbaik bagiku

Ada Dia diantara kita....

Penuh kenangan di malam natal saat kita bertemu. Awalnya biasa saja karena ditempat kerja pun kita sering bertemu. Pada hari natal , teman2 mengajak untuk berkunjung ke rumah Steve , kunjungan ke rumah rekan yang merayakan hari raya. Setelah natal berakhir hubungan kami pun seperti biasa , hanya rekan kerja. Kita memang jarang berbicara hanya untuk keperluan kantor saja. Ternyata diam2 Steve mencari tau tentangku. Ternyata setiap hari dia memperhatikanku , dan saya sendiri tidak sadar. Sampai akhirnya steve menelponku. Dan kami pun ngobrol setiap malam. Tetapi di kantor kami tetap bersikap seperti biasa. Sepertinya kalau malam dia tidak menelpon rasanya ada yang beda, apakah ini yang namanya cinta. Entahlah tapi setiap hari kami selalu berbagi cerita. Terasa indah karena ada orang yang mendengarkan setiap kisah hidup kita.

Akhirnya Steve mengutarakan dia suka padaku. " Val , gw sayang kamu mau kan jadi pacarku? " suatu malam Steve berkata kepadaku. Memang malam itu dia tidak menelponku tetapi langsung ke rumahku. Bayangkan saja, membuat jantungku terasa berhenti berdetak. Steve menatap mataku erat2, sambil menunggu jawaban dariku. Memang saya suka Steve tapi gugup juga jika berhadapan dengan situasi seperti ini. Akhirnya saya pun mengangukkan kepala , dan Steve dengan lembut memegang tanganku. Malam itu malam yang sangat berarti bagiku. Akhirnya ku mendapatkan pendamping yang akan mendampingiku dalam setiap langkah hidupku.


Hari2 berlalu dengan cepat dan tidak terasa sudah 2 tahun kami berpacaran. Suka dan duka telah kami lewati bersama. Kerikil2 tajam telah kami lewati bersama. Kami juga saling mengenal keluarga masing2. Dan Steve akhirnya berhasil mencapai puncak kariernya sebagai manajer promosi di perusahaan kami. Bagi Steve merupakan kerja kerasnya selama 5 tahun untuk bisa menduduki posisi tersebut. Kesibukan2 tidak dapat dihindari, kami pun jarang bertemu. Di kantor kita pun sibuk dengan kerjaan masing2, karena divisi kita berbeda. Saya pikir itu untuk kebaikan kami nanti dan saya pun sangat mendukung kerjaan Steve. Saya tidak pernah mengeluh sedikit pun kalau sekarang kami sudah jarang komunikasi. Steve tidak setiap malam meneleponku lagi atau sms. Saya bisa memakluminya karena memang Steve cukup sibuk. Terkadang malam hari dia harus pergi makan malam dengan klien.

Suatu pagi Dita teman sekantorku mengatakan kepadaku  " Val, sorry ya sebelumnya, tetapi saya mesti sampaikan padamu. Saya gak tega dia begitu sama kamu"." Terserah seh kamu mau percaya atau tidak, tapi saya melihatnya sendiri." kata Dita kepadaku disaat kami sedang sarapan berdua di pantry. Saya menjadi bingung dengan perkataan Dita. " Katakan aja Dit, memang ada masalah apa?". Akhirnya Dita pun bercerita kalau dia melihat Steve di sebuah cafe bersama cewek lain dan mereka terlihat mesra. Saya cuma dengan  santai menanggapi perkataan Dita. " Mungkin itu kliennya Dit " kataku. Perkataan Dita tidak sedikit pun membuatku curiga kepada Steve. Dan saya pun melupakan apa yang Dita  katakan karena memang saya percaya pada Steve. Di samping itu kami sudah merencanakan hari bahagia, dan kami pun sedang memilih bridal untuk dijadikan tempat foto prewedding.


Tak terbesit sedikit pun dalam pikiranku kalau Steve akan berbuat begitu. Jika di malam itu saya tidak melihat  dengan mataku sendiri mungkin dia akan terus membohongiku tidak tahu sampai kapan. Sabtu malam itu , Steve meneleponku dan bilang dia tidak bisa ke rumah karena mau mengantar mamanya ke dokter. Saya pun tidak berpikir macam2. Dan malam itu juga karena tidak ada kegiatan di rumah akhirnya saya menerima tawaran Dita teman baikku untuk berjalan2 di salah satu mall. Hitung2 menghilangkan kepenatan semingguan bekerja. Rencananya cuma jalan dan makan malam saja, akhirnya kami memilih salah satu restoran jepang. Tak terpikir olehku kami bertemu dengan Steve, dan tidak hanya Steve tetapi dia bersama dengan seorang wanita. Mereka terlihat cukup mesra & dekat. Rasanya ingin saya berlari keluar dari restoran itu. Tidak ingin melihat kemesraan mereka. Ternyata Steve membohongiku & keluar dengan wanita lain


 Ternyata benar apa kata Dita, dia bukanlah yang terbaik. Saya tidak bisa bicara apa2, terdiam dan air mata ini mengalir keluar. Ternyata Steve menyadari kehadiran kami dan berusaha memberikan penjelasan kepadaku. " Val, apa yang kamu lihat sekarang tidak seperti yang kamu pikirkan, kami tidak ada hubungan apa2 percaya padaku" kata2 Steve berusaha menjelaskan padaku. Tapi mulut ini tidak bisa berkata apa2, saya memutuskan untuk pergi dari tempat itu. Sungguh bagiku merupakan malam yang amat menyakitkan.

Sejak malam itu saya merasa kepercayaan yang selama ini saya berikan kepadanya hilang begitu saja . Terasa begitu sakitnya hati ini yang telah diduakan. Tetapi kejadian itu membuatku bersyukur pada Tuhan karena telah dibukakan mata ini melihat diri Steve yang sebenarnya. Walaupun Steve berusaha sms dan meneleponku tapi saya tidak pedulikan. Saya merasa saya harus sendiri dulu, saya harus berusaha bangkit dari semua ini yang  begitu menyakitkan bagiku.Walaupun di kantor dan dirumah saya berusaha tegar tetapi tetap saja hati ini tidak bisa dibohongi. Memang berat hari2 yang dilalui tanpa kehadirannya. Dita lah yang selama ini banyak menghiburku dan memberi semangat padaku. Dita menyarankan saya agar berbicara dengan Steve, jika harus berakhir harusnya dengan baik2. " Dia memang bukan yang terbaik bagimu val, tetapi kamu tidak bisa seperti ini terus, jika kamu mau putus bicara baik2 dengan Steve" kata Dita padaku. Akhirnya saya pun menerima ajakan Steve untuk bertemu. Dalam hatiku ini adalah pertemuan terakhir dan semua akan baik2 saja. 

Kami bertemu di sebuah cafe yang memang menjadi cafe favorit kami sejak pacaran. Saya akan tegar dihadapannya dan tidak pernah akan kembali jika dia memintanya. Ternyata benar perkiraanku , Steve meminta maaf padaku dan memintaku balik kepadaku. Dia pun mengaku kalau dia memang berselingkuh. Steve mengaku sudah selama setahun mereka berhubungan tanpa sepengetahuanku. Sungguh terlalu Steve bermain api disaat dia masih bersamaku. Ternyata saya telah dibohongi setahun lamanya.Pengakuan Steve membuat hatiku hancur . Teganya dia melakukan semua ini , wanita mana yang ingin diduakan. " Maafkan aku val, saya lebih memilih kamu dari pada dia, aku akan memutuskannya dan kita bersama lagi. Kamu percaya padaku kan val? sungguh berat bagiku untuk melepaskanmu." berulang kali Steve memohon padaku. Tetapi hati ini tak bisa menerima apa yang telah dia lakukan. Tidak akan mungkin seperti dulu lagi. Kalau pun saya menerima Steve kembali yang ada rasa curiga  kepadanya. Kepercayaanku sudah hilang, rasa cintaku yang besar sudah tidak tersisa lagi. Kucoba tegar dan tidak meneteskan air mata , karena saya ingin Steve tahu saya akan lebih baik tanpa dia. Akhirnya kubilang padanya sebaiknya kami berteman saja, walaupun mungkin berteman pun sulit. "Mungkin kita tidak berjodoh, saya ingin kita berteman saja karena tidak mungkin kita bersama lagi" kata saya kepada Steve. Saya melihat Steve begitu marah dan terpukul ketika saya memutuskannya. Tetapi saya tidang sanggup untuk bersamanya. Dia bukan seperti yang dulu yang selalu kubanggakan. Semua berakhir karena kelakuannya sendiri.


Lebih baik saya sendiri dan menata hidupku lagi. Biarkanlah dia menjadi kenangan dalam hidupku. Berusaha tegar dan melewati hari2 dengan sukacita. Hariku masih panjang & masih banyak saudara & teman2 yang mencintaiku. Bagiku satu kali pengkhianatan tak kan pernah bisa termaafkan . Tanpa dia saya pasti bisa lebih baik. Satu kata yang bisa membuatku tetap bertahan " harus lebih baik dari sekarang".

Bagi teman2 yang sedang bersedih karena patah hati/dikhianati tetaplah semangat & tegar serta yakinlah anda akan bisa bertahan dengan keadaan yang telah terjadi karena masih banyak saudara & teman2 yang masih menyayangi anda. Tersenyum & tetap tegar ,  tunjukkan anda akan lebih baik tanpa dia. Perpisahan bukan akhir dari segalanya tetapi merupakan awal dari semangat kita yang baru. Yakinlah pasti akan ada mentari dariNya di setiap kesedihan & tangisan kita.

Jangan pernah menyakiti hati orang yang anda sayangi karena orang itu mungkin tak akan kembali lagi padamu. 

Jangan begitu gampang mengucapkan maaf jika anda tidak pernah menyadari kesalahan yang diperbuat & mengulanginya kembali.


2 comments:

  1. pengkhianatan dan selingkuhh memang menyebalkan dan tak terampuni....

    ReplyDelete
  2. Ada pepatah mengatakan: Cinta ibarat kupu2.. Makin kau kejar, makin ia menghindar tapi bila kau biarkan ia terbang, ia akan menghampirimu disaat kau tak menduganya. Cinta bisa membahagiakanmu tapi sering pula ia menyakiti. Tapi cinta itu istimewa, hanya apabila kau berikan pada seseorang yang layak menerimanya....... jadi....tenang tenang saja jangan terburu-buru hingga Amy bisa memilih yang terbaik .. ttp SMANGAD N DO DA BEST SIST :)

    ReplyDelete