Tuesday 1 March 2011

Kesadaran


Jumat siang itu suami & anak mengantar saya ke bandara Sukarno-Hatta, karena hari itu saya akan berangkat ke Batam untuk beberapa hari. Kami pun dari Cengkareng menuju tol. Suasana jalan cukup ramai mungkin karena baru turun hujan jadi kendaraan cukup padat. Arah menuju tol juga cukup banyak yang antri, kebanyakan kendaraan menuju Tj. Priok. Setelah mau keluar dari tol kami pun mengambil antrian mengikuti mobil yang  di depan. Lumaya panjang juga antrian mobil2 yang mau keluar tol , syukur kami berangkat agak awal jadi tidak terburu-buru. 

Tetapi tiba2 dari sebelah kiri jalan sebuah mobil menerobos antrian. Seharusnya mobil itu mengikuti antrian di belakang tetapi main serobot saja. Toh disebelah kiri sudah tidak ada loket antrian. Yang mengherankan mobil lain pun ikut, sudah tahu mobil depan salah jalan tetap saja diikuti. Budaya ini sering kita temukan di negri tercinta ini. Mengapa orang2 tidak sedikit sabar untuk ikut antri ? Bukannya dengan main serobot begitu malahan membuat jalan tambah macet.

sudah macet tambah macet karna tidak tertib
Budaya antri masih jauh dari kehidupan kita. Seringkali kita melihat di jalan2 mobil/motor main serobot saja tanpa memperhatikan jalan kiri & kanan. Yang penting mungkin mereka bisa sampai di tujuan dengan cepat tanpa berpikir lagi jalan adalah untuk kepentingan bersama. Akhirnya malahan tambah macet jalan saja. Maunya cepat akhirnya membuat lama. Semua tidak mau mengalah maunya jalan sendiri. Mugkin kalau mobil ambulans bisa kita maklumi dan harus kita kasih jalan untuk lewat dulu. 

Hidup di ibukota semua harus cepat tetapi bukannya kita melupakan & menghilangkan budaya antri. Saya/anda/saudara juga ingin cepat sampai tujuan tetapi tetap patuhi rambu2 jalan & jangan main serobot jalan sendiri. Ikut antri lebih baik daripada serobot yang hanya akan membuat kemacetan baru. Diperlukan kesadaran dari diri sendiri, mari jadikan budaya antri dalam kehidupan sehari-hari kita.

antrilah dengan tertib !


indahnya berbagi

6 comments:

  1. Betul Amy, ada 2 budaya yang masih belum memasyarakat di sekitar kita : budaya antri dan budaya membuang sampah pada tempatnya :(

    ReplyDelete
  2. iya beneeerrr.. yang bikin macet itu karena orang-orang yang saling serobot dan saling ga mau ngalah akhirnya bikin kusut. padahal klo tertib jalanan pasti lancar jaya -_-"

    ReplyDelete
  3. halo aku punya kaos blogger go green keren
    hanya 45 ribu kok
    gimana?
    di http://cahyanugraha.wordpress.com/2011/02/20/kaos-blogger-go-green-for-sale/

    ReplyDelete
  4. lina@happy family : yup ^_^ , seandainya diterapkan kedua ini maka akan tertib dan bersih negri kita ini.

    ReplyDelete
  5. @mila said :betul kak , seandainya ....seandainya...bisa ???

    ReplyDelete
  6. betulll...
    ini tergantung kesadaran kita...
    tapi tentunya pemerintah juga berperan dalam hal ini...

    ReplyDelete