Saturday 12 March 2011

Yukkk ikutan gerakan Earth hour

perubahan yang kecil akan membawa manfaat yang besar 

Teman2 semua mari kita dukung gerakan "Earth hour" dari kampanye WWF yaitu mematikan listrik serentak pada tanggal 26 Maret ( pukul 20.30- 21.30 waktu setempat ). Serentak untuk semua lapisan masyarakat, instansi swasta / pemerintah , rumah-tangga , sampai pebisnis. Diharapkan dengan aksi kecil ini bisa membawa dampat yang besar bagi bumi kita ini. Banyak manfaat yang akan kita dapatkan dengan mematikan listrik 1 jam ,"hanya 1 jam kawan"

Yang pasti kita akan melakukan penghematan energi & biaya , bayangkan saja jika dilakukan serentak di seluruh negri kita akan ada berapa banyak energi yang bisa kita hemat ??? Dengan 10 % penduduk jakarta saja yang mematikan listrik 1 jam bisa menghemat energi setara 300 MW atau setara dengan mematikan 1 pembangkit listrik. Jika dilaksanakan oleh semua penduduk , bisa kita bayangkan berapa besar energi yang akan dihemat ??? 

Perubahan iklim yang sekarang menjadi ancaman bagi kita yang hidup di bumi ini. Perubahan iklim yang sangat terasa saat ini adalah pemanasan global. Pemanasan global dapat menyebabkan naiknya air permukaan laut , musim kemarau yang panjang , badai , dan perubahan iklim lainnya yang mempengaruhi lingkungan hidup kita. Tidak ada cara selain menata kembali gaya hidup kita. Tanpa disadari gaya hidup kita yang boros listrik menjadi salah satu penyumbang pemanasan global yang terjadi sehingga alam menjadi rusak.

Kita memang tidak bisa hidup tanpa listrik , padahal pembangkit listrik yang ada kebanyakan masih meggunakan bahan bakar fosil yang mengeluarkan zat CO2 yang cukup berbahaya bagi alam ini. Tanpa kita sadari , perubahan iklim terus terjadi dan semakin signifikan. Dengan 1 jam saja diharapkan membawa dampak yang lebih baik untuk bumi tercinta ini. 

Diharapkan kegiatan kecil ini dapat terus kita laksanakan dalam kehidupan kita ke depan. Mengajak kita sebagai penghuni bumi semakin menyadari dampak & perubahan iklim yang terjadi. Lebih menghemat penggunaan energi akan menyelamatkan bumi kita. Semoga perubahan kecil akan membawa manfaat bagi kita dan lingkungan. 



Jangan lupa teman2 semua tgl 26 Maret 2011 dari jam 20.30 - 21.30 mari kita matikan listrik 1 jam . Kalau bukan dari kita sendiri siapa yang akan menyelamatkan bumi ini ?? 
Selamatkan bumi kita !!!

No comments:

Post a Comment