Saturday 19 March 2011

Budaya yang sungguh luar biasa

budaya yang tetap bertahan di saat bencana melanda.....

Seperti kita ketahui gempa yang terjadi di Jepang tgl 11 Maret yang lalu menghancurkan sebagian kota2 di negri sakura ini. Dampak gempa yang akhirnya menimbulkan tsunami & meluluh-lantahkan kota2 di negara jepang serta memakan korban yang cukup banyak. Rumah2 , gedung2 , dan fasilitas lainnya hancur berantakan. Tentunya warga Jepang yang selamat dalam bencana tersebut pastilah sangat menderita melihat keadaan negaranya yang hampir sebagian besar hancur. Tidak ada tempat tinggal , kehilangan anggota keluarga , kehilangan harta-benda membuat mereka harus bisa bertahan menghadapi situasi tersebut. Selain itu ledakan nuklir juga tengah mengancam keselamatan mereka. 

Ribuan orang tewas , dan jutaan lainnya kini terlunta-lunta untuk meneruskan hidup mereka. Mereka harus  bertahan hidup tanpa rumah, kekurangan makanan, obat2an, air dsb nya.Tetapi didalam situasi seperti ini ada hal yang menarik yang patut kita contoh. Tidak ada pemandangan penjarahan di toko2 makanan /supermarket. Pasti kita heran dan bertanya mengapa bisa terjadi? Disaat orang2 kelaparan masih bisa bertahan & tidak melakukan tindakan penjarahan. Mungkin patut kita acungin jempol untuk budaya jepang yang sangat melekat dengan kehidupan rakyatnya. Budaya Jepang yang masih sangat disiplin mesti di tengah bencana & kesusahan.

ketika tsunami melanda
Bahkan beberapa toko & supermarket yang selamat dari bencana tsb menurunkan harga bahan makanannya bukan menaikkan harga & mengambil keuntungan. Rakyat pun dengan disiplin antri membeli makanan , bahkan disaat bencana mereka masih membayar dikasir. Mereka juga disiplin antri sepanjang jalan untuk mendapatkan pembagian makanan. Bahkan sejumlah mesin penyedia makanan dibuka gratis untuk rakyat. Tidak ada saling dorong / pun rusuh , sungguh budaya disiplin yang luar biasa. Ketenangan & keikhlasan warga Jepang untuk menerima bencana yang terjadi membuat negaranya semakin kuat berusaha untuk bangkit. 

Rakyat bekerja sama untuk selamat semuanya. Mungkin budaya ini sudah tertanam begitu dalam di hati mereka tanpa disadari. Ada nilai2 yang akan tetap dijalani walaupun dengan kondisi apa pun, dan inilah yang terjadi di Jepang. Merupakan kebanggaan nasional, warga Jepang sangat mencintai negaranya dalam kondisi apa pun. Tetap bersama untuk menghadapi semua bencana. Mereka tidak melihat bencana ini sebagai suatu kesempatan untuk mencuri apapun. Mari kita mulai belajar kepada rakyat Jepang , mereka memberi terang didalam kondisi mereka yang serba susah untuk bertahan hidup.

disaat benca mereka masih antri untuk bayar

Saat keadaan kita tidak baik2 saja, maka tangan Tuhan yang kuat akan terasa menolong kita didalam situasi sesulit apa pun.


4 comments:

  1. memang luar biasa disiplin mereka, tetap membantu sesama walau dalam kesusahan....

    ReplyDelete
  2. aku suka denger banyak org bilang klo orang Jepang hidup nya kayak robot gitu sangking disiplinnya. ternyata yang disiplin kyk robot gitu yang lbh punya hati nurani, lebih tenggang rasa dan saling bantu dengan tulus yah heheheee...

    ReplyDelete
  3. @ fizer : mungkin harus kita contoh ^_^ budaya yang luar biasa.

    ReplyDelete
  4. @mila : yup ^_^ mereka bisa saling berbagi di situasi yang sungguh sangat sulit. Saling membantu satu sama lain untuk bertahan hidup.

    ReplyDelete