Thursday 17 March 2011

Daftar kesalahan yang selalu kita buat

Selalu ada kesalahan....

Hubungan kita semakin renggang , waktu2 bersama dengan pasangan lebih banyak dihabiskan untuk bertengkar. Terkadang membuat kita & pasangan semakin frustasi menjalani hubungan yang telah dibina. Bahkan mungkin terbesit dalam benak kita untuk segera mengakhiri hubungan / bahtera rumah-tangga yang telah dibina karena begitu putus-asa nya kita terhadap pasangan kita. Di dalam membina sebuah hubungan seringkali kita menghadapi cobaan2. Saling bertengkar karena suatu masalah , kecemburuan , curiga , dsb nya menjadikan suatu hubungan makin renggang & jauh. Dengan segala keegoisan kita membuat hubungan terasa makin buruk. Kita semakin jauh satu sama lain. Perbedaan pendapat yang selalu susah untuk disatukan menjadikan kita semakin egois karena tidak mau mengalah satu sama lain. Yang ada hanyalah pertengkaran & saling mengungkapkan semua kesalahan2 pasangan.

Namun tahukah bahwa semua masalah itu dikarenakan karena kita selalu membuat "Daftar Kesalahan" pasangan kita. Semua kesalahan pasangan kita dari awal menjalin hubungan sampai mengarungi bahtera rumah tangga selalu kita ingat & kita catat selalu. Kita begitu mengingat semua kesalahan2 yang pernah dibuat oleh pasangan kita dari yang hal kecil sampai yang besar menurut kita. Dengan keadaan ini membuat kita merasa tidak puas terhadap pasangan , membuat kita selalu menilai kejelekkan dari pasangan kita. Bahkan semua hal yang baik dan benar yang dilakukan akan selalu terlihat salah menurut kita. Kebaikan2 dan kebersamaan terlupakan oleh kita. Janji yang pernah terucap pun seakan hilang oleh semua daftar kesalahan yang kita ingat. 

Itu sebabnya jika kita masih ingin menyelamatkan hubungan kita dengan pasangan bahkan rumah tangga kita , maka tidak ada pilhan selain menghapus & membuang jauh2 semua daftar kesalahan yang telah kita buat. Menatap lah kedepan untuk menjalani hidup bersama pasangan yang dulu telah kita pilih. Berikanlah lembaran baru untuk pasangan kita. Berlapang dada & maafkanlah pasangan kita. Jangan pernah menghitung kesalahan yang telah diperbuat dia. Jangan kita berpikir kesalahan yang kita buat lebih sedikit daripadanya. Memaafkan pasangan adalah melepaskan diri dari perasaan negatif & melatih kita mencintai pasangan kita di atas semua kelemahannya. Sejujurnya, kita juga bukan manusia yang sempurna yang tidak luput dari kesalahan. Bukan kah kita juga ingin pasangan kita memberikan tanggapan positif terhadap sifat & perilaku kita yang tidak sempurna?

Tidak ada kata terlambat jika kita ingin menyelamatkan hubungan/bahtera rumah tangga dengan pasangan yang telah kita pilih. Merupakan langkah yang bagus jika kita berani menghapus kesalahannya & memaafkannya. Daripada kita menghabiskan waktu dengan keluhan , pertengkaran yang tiada akhirnya lebih baik memaafkan semua yang telah terjadi. Memperbaiki hubungan yang renggang. Mengurangi rasa frustasi kita sendiri , serta merajut kembali hubungan yang telah renggang & sempat pudar. Bukan kah ini akan terasa lebih indah? Menatap  hari esok penuh bahagia bersama pasangan kita. 


Bukankah Tuhan juga tidak memperhitungkan dosa2 kita tetapi selalu membuka pintu maaf buat manusia yang   bertobat dan mau mengikuti jalanNya.

2 comments:

  1. nice..
    menghapus daftar kesalahan pasangan, dan mulai membuat daftar kesalahan sendiri krn dgn daftar kesalahan itu kita mgkn bs belajar memperbaiki diri..

    ReplyDelete
  2. @zasachi : ^_^ mungkin harus kita coba

    ReplyDelete